Tantangan Petani Sawit Swadaya Seputar Registrasi STDB

Surat Tanda Usaha Perkebunan untuk Budidaya (STDB) amat penting untuk petani sawit swadaya. Dokumen ini bersifat wajib dan menjamin legalitas kepemilikan kebun.  bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani sawit yang mengelola lahan di bawah 25 hektare.

Namun, meski regulasi yang mengatur STDB telah terbit sejak 2018 lalu, pelaksanaan di lapangan masih minim. Banyak faktor yang menjadi kendala; mulai dari lemahnya pendataan hingga keterbatasan anggaran dan sumber daya daerah. Kesiapan pemerintah dan kapasitas perangkat daerah penting dan harus ditingkatkan karena berhubungan dengan pelayanan kepada petani sawit swadaya yang ingin mendaftar STDB secara mandiri. 

Kendala terkait pengurusan surat ini juga terjadi di level petani. Sebenarnya, animo di tingkat masyarakat untuk memperoleh STDB tinggi. Betapa tidak, surat ini berpeluang menjadi solusi untuk mendapatkan harga yang layak seperti diatur dalam Peraturan Gubernur Kalimantan Barat Nomor 63/2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penetapan Indeks dan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebun Kalimantan Barat. 

Selain itu, dokumen STDB juga dapat memudahkan petani menjual hasil panen ke pabrik pengolahan kelapa sawit. Pembinaan dari pemerintah dan akses terhadap bibit bersertifikat dan subsidi pupuk juga terbuka jika petani swadaya memperoleh dokumen ini. 

Walau begitu, petani swadaya tak serta-merta dapat mendaftarkan kebunnya ke instansi terkait. Seringkali usaha petani terhambat di level kepengurusan dan administrasi. Selain pendampingan yang minim dari pemerintah, petani swadaya juga dipersulit untuk mengurus administrasi yang menjadi prasyarat mendapatkan STDB. Di beberapa daerah, STDB bahkan disalahgunakan oknum tertentu untuk memeras petani

Berbagai kendala ini berujung tak lain pada data dan informasi yang tidak komprehensif terkait petani kelapa sawit dan kebun mereka. Padahal ini menjadi dasar bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan dalam menjawab berbagai tantangan yang dihadapi petani sawit kecil. Pemerintah harus tangkas mengatasi masalah ini, agar regulasi ke depan tidak salah sasaran.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *