SIAR Hadirkan Peta Persil Petani Sawit Rakyat Swadaya di Sistem Informasi Geospasial

siar.or.id Sekadau  –Pemkab Sekadau bersama Sustainable and Innovative Areal Management Research (SIAR) didukung SPOS-Indonesia melaunching portal sistem informasi dan database sawit rakyat swadaya di Mess Pemda, Kabupaten Sekadau, Kalbar, Senin, 8 Maret 2021.

Portal sistem informasi dan database sawit rakyat swadaya ini dirancang agar data terkait sebaran sawit rakyat swadaya dapat diakses semua pihak.

Erlangga Rizky Ananta selaku Direktur SIAR mengatakan Selama ini, kebijakan bergantung pada data tabular saja. Untuk itu, SIAR menginisiasi portal sistem informasi dan database sawait rakyat swadaya lewat bantuan SPOS-Indonesia membuat portal tersebut.

“Jadi, bisa dipertanggungjawabkan secara parsial. Ada peta persilnya ada atributnya, yang isinya itu status kepemilikan lahan, status lahan dan bagaimana pengelolaannya,” kata Erlangga.

Selain menghimpun sebaran petani sawit rakyat swadaya portal ini dirancang untuk mendukung penerbitan STD-B, proses verifikasi dapat dilakukan oleh instasi terkait melalui sistem sehingga diharapkan dapat mempercepat proses verifikasi agar percepatan penerbitan STD-B berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Paulus Yohanes selaku Asisten 2 Sekda Sekadau dalam sambutannya mengatakan, saya  mengucapkan Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada SIAR dan SPOS Indonesia atas keberlanjutan program ini, yang mana sinegritas Lembaga Swadaya Masyarakat dan Pemerintah sendiri sangat diperlukan demi kesejahteraan petani sawit rakyat swadaya

“ Kita berharap dengan adanya program ini, lahan sawit rakyat swadaya terdata dengan maksimal, yang akan sangat membantu dalam hal legalitas lahan”, kata Paulus Yohanes.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *