Peringatan Hari Hutan Sedunia, Apa Kabar Hutan Indonesia?

SIAR.OR.ID  Pontianak  –  Peringatan  Internasional Day of Forest merupakan salah satu bentuk komitmen dunia untuk menjaga hutan dan melindunginya dengan lestari. Bagi manusia, hutan memberikan peranan penting. Baik berupa ekonomi, budaya, pendidikan bahkan hal mistis sekalipun. Bagi masyarakat yang hidupnya bergantung dengan hutan sudah barang pasti segala kebutuhan tersedia di hutan. Air bersih, hewan serta tumbuhan lainnya yang tersedia dimanfaatkan masyarakat untuk melangsungkan hidupnya.

Hadirnya pemerintah dengan segala bentuk peraturan yang dibuat diharapkan dapat mengendalikan serta melestarikan fungsi hutan agar tidak dikuras secara brutal. Bukan sebaliknya, mengubah fungsi hutan menjadi perkebunan skala besar. Diperingata Internasional Day of Forest yang ke tujuh pada 21 Marat 2019 membuka mata sejauh mana pemerintah mempertahankan kawasan hutan yang ada agar tidak dibebani izin untuk perkebunan dan pertambangan. Serta, seberapa konsisten pemerintah Indonesia memberikan sumbangsi mengurangi perubahan iklim yang sudah terjadi.

Dengan jumlah tutupan hutan yang besar, tentu Indonesia mempunyai peran yang besar. Namun akhir-akhir ini hutan Indonesia menyusut drastis disebabkan terjadinya alih fungsi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit skala besar. Data Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2015 menunjukan luas kawasan hutan Indoensia seluas 128 juta hektar. Dengan rincian, hutan konservasi seluas 27,4 juta hektar, hutan lindung seluas 29,7 juta hektar, hutan produksi terbatas 26,8 hektar, hutan produksi 29,3 juta hektar dan hutan yang bisa dikonversi seluas 12,9 juta hektar.

Selang dua tahun pada 2017 luas kawasan hutan Indonesia menyusut menjadi 125,9 juta hektar. kalau dirata-ratakan setiap tahunnya kawasan hutan Indonesia mengalami deforstasi sekitar 1 juta hektar. penyebabnya tak lain dikarenakan masifnya pembukaan kawasan hutan menjadi perkebunan dan pertambangan dengan alasan untuk mendongkrak perekomonian nasional dibidang perkebunan tanpa pikir panjang dampak dan konflik antara masyarakat yang terjadi.

Mudah-mudahan di momentum peringatan hari hutan sedunia ini tidak hanya menjadi ucapan serimonial. Peringatan hari hutan sedunia ini semoga menyadarkan kita akan pentingnya hutan bagi kehidupan semua makhluk dan senantiasa menjaga, melestarikan serta menafaatakan hutan sesuai dengan kebutuan tanpa harus merusknya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *