Pelatihan WTA untuk Petakan Sawit Masyarakat

SIAR.OR.ID Pekanbaru  –  Pelatihan Pemanfaatan Wahana Tanpa Awak (WTA) untuk Pemetaan Sawit Rakyat terlaksana di Pekanbaru pada 29-4 November 2018. SIAR Nusantara dipercaya oleh Yayasan KAHATI menjadi intruktur pada pelatihan ini. Peserta pada pelatihan ini adalah jajaran Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) wilayah Riau.

Proses dalam pelatihan ini dimulai dengan pengenalan jenis dan manfaat WTA itu sendiri, setelah peserta tahu jenis dan pemanfaatan WTA tahapan selanjutnya adalah pengenalan koponen-komponen yang terdapat pada WTA. Tak lupa regulasi dan aturan yang ditetapkan oleh mentri perhubungan terkait regulasi penggunaan WTA disampaikan juga kepada peserta pelatihan.

Sebelum memasuki sesi praktik lapangan, peserta diajak melakukan simulator, dalam tahap simulator ini, peserta akan terbiasa menggunakan transmiter terkait fungsinya ketika menerbangkan WTA.

Setalah rangkaian tersebut dilalui, praktik  lapangan menjadi hal penting. Peserta dibawa ke lapangan menerbangkan fixed wing untuk mengambil data foto udara. Sebelum ke pasawat misi kami menyiapak pasawat trainer untuk peserta terbangkan. Setalah berhasil menerbangkan pasawat trainer langusng kami pandu untuk menerbangkan pasawat misi Skywalker.

Dalam penerbangan Skywalker, dari Sembilan peserta kami membaginya menjadai tiga kelompok. Setiap kelompok akan membuat team yang terdiri dari Pilot, Teknisi dan Ground Control Station (GCS). Setalah semua unsur terpenuhi peserta pelatihan itu sendirilah yang menerbangkan dan mengambil data lapangan menggunakan WTA.

Imrialis salah satu peserta dalam pelatihan mengatakan, teknologi seperti ini sangat bermanfaat dan memudahkan pekerjaan. Kedepannya bukan tidak mungkin bagi kami APKASINDO Riau menggunakan teknologi seperti ini untuk memetakan sawit masyarakat.

Rangkain penerbangan dan pengambilan data selesai. Di hari terkahir pelatihan salah satu intsruktur memandu para peserta untuk mengola data penerbangan di aplikasi Argisoft Photo Scan yang fungsinya menjahit foto-foto udara tersebut menjadi sebuah hamparan dengan tingkat resolusi tinggi. Tahapan pengolahan data menjadi sesi terkahir dalam pelatihan Pemanfaatan WTA untuk Pemetaan Sawit Rakyat.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *